Psikologi Trading Yang Wajib Diperhatikan

Psikologi Trading

Psikologi Trading

Psikologi Trading merupakan faktor penentu win trade seorang trader dalam kesuksesan tradingnya. Jika Trading dianggap sebagai bisnis maka strategi-strategi kedepannya perlu di tata mulai saat ini, kecuali jika kalian siap rugi maka silahkan bertarding ria tanpa memikirkan bagaimana psikologi kalian.

Kenapa Psikologi menjadi salah satu faktor penentu win trade seorang trader? Sebab jika kalian hanya menguasai tekniknya saja tanpa memperhitungkan faktor psikologi maka 80% kedepanya dipastikan kalian akan mengalami kerugian, karena pada kenyataanya market kadang tidak selalu searah dengan analisa. Sebagai contoh, ketika kita melakukan Open Posisi dan kita ragu dengan posisi yang kita buka tersebut disitulah timbul keragu-raguan, kecemasan dan sebagainya yang mengakibatkan analisis sebelumnya menjadi kacau. Disaat analisa kacau maka akan menimbulkan tindakan-tindakan yang mengakibtkan kerugian pada aktivitas trading kalian.

Menurut saya pribadi ada 2 faktor yang bisa mempengaruhi psikologi trading kalian, yaitu faktor internal dan faktor external. Faktor internal adalah beberapa faktor yang timbul dari diri sendiri tanpa adanya pengaruh dari pihak lain, misalnya melakukan Open Posisi tapi belum yakin apakah sudah sesuai dengan teknik atau belum. Ragu saat akan menutup order baik itu saat rugi maupun saat profit (Greedy Control). Tidak menggunakan Money Management ketika trading.

Sedangkan untuk faktor external yang memperngaruhi Psikologi Trading yaitu adanya gangguan dari luar yang mengacaukan keputusan yang telah di ambil sebelumnya. Misal, ketika kalian melakukan open posisi dan yakin dengan teknik kalian kemudian ada pihak lain yang memberikan masukan atau pendapat lain yang berbeda bisa saja ini menjadi faktor pengganggu psikologi dan akan menimbulkan keputusan lanjutan dari apa yang telah kalian plan sebelumnya.

Intinya psikologi trading itu memiliki peranan yang sangat menentukan bagi keberhasilan bisnis trading kalin, jangan sekali-sekali meremehkannya sebab secara tidak sadar kedepannya akan menentukan bagaimana trading kalian dalam jangka panjang. Ingat teknik, psikologi dan Money Management harus seimbang jika tidak, besar kemungkinan trading kalian tidak akan berjalan lama.

Post Author: aangwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *